Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Shoutbox
Kesehatan Kerja dan Kesehatan Institusi

Kesehatan Kerja dan Kesehatan Institusi

kesehatan Kerja merupakan salah satu unsure kesehatan masyarakat. Derajat kesehatan pekerja ditentukan oleh pelayanan kesehatan pada pekerja formal dan informal. Masyarakat sebagai pekerja formal yang bekerja d idustri – industry pada umunya sudah mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik perusahaan , tetapi untuk masyarakat yang bekerja di sector informal yang jumlahnya cukup besar, biasanya belum mendapatkan pembinaan dan pelayanan kesehatan yang diperoleh secara khusus, biasanya baru pelayanan kesehatan secara umum dan belum dikaitkan dengan jenis pekerjanaannya. Pada umumnya jenis pelayanan kesehatan yang diberikan pada sector formla dan informal baru pelayanan kesehatan kuratif, belum menyentuh pelayanan kesehatan promotif dan preventif.

Pelayanan kesehatan pekerja informal pada tahun 2009 dilaporkan sebanyak 130 orang dari 130 orang pekerja informal yang terdata dan cakupannya sebesar 100 %.

Sedangkan pelayanan kesehatan kelompok pekerja formal cakupan tahun 2009 sebesar 37 % atau ternilai 13.176 orang dari 35.592 pekerja formal yang terdata. Capaian ini apabila dibandingkan dengan target SPM sebesar 80 % masih sangat jauh sehingga masih perlu memerlukan upaya dan strategi yang tepat untuk pelaksanaannya terutama mekanisme pelaporan data yang akurat dari perusahaan – perusahaan yang mempunyai klinik kesehatan.

P3 NAPZA

Kegiatan penyuluhan, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan NAPZA pada tahun 2009 dilaporkan ada sebanyak 155 kegiatan dari 2.493 kegiatan penyuluhan sehingga cakupan sebesar 6,2 %. Kegiatan penyuluhan terutama dilaksanakan di sekolah, madrasah dan kelompok – kelompok remaja /pemuda di masyarakat dan bekerja sama dengan Karang Taruna. Capaian tahun 2009 ini apabila dibandingkan dengan target SPM sebesar 30 % masih sangat jauh dari target. Keterpaduan laporan dari institusi kesehatan seperti Rumah Sakit perlu dibenahi, karena pelaporan dari Rumah Sakit belum dapat diakses datanya.

Pelayanan Kesehatan Institusi

Sarana Institusi yang dibina pada tahun 2009 meliputi sarana institusi kesehatan sebanyak 152 buah ( 71,36 % ), sarana institusi pendidikan sebanyak 610 buah dari 920 buah (66,3 %), sarana institusi ibadah sebanyak 983 buah  dari 1.675 buah (58,7 %), sarana institusi perkantoran sebanyak 208 buah dari 124 buah (70,2 %). Sehingga cakupan pembinaan kesehatan institusi sebesar 63,87 %. Capaian ini masih belum mencapai target SPM sebesar 80 %.


Gallery Foto
Copyright © 2017 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.