Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Shoutbox
Obat dan Perbekalan Kesehatan

Obat dan Perbekalan Kesehatan

a. Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan

Kebutuhan obat public khususnya di sarana pelayanan Puskesmas, berdasarkan laporan dari Gudang Farmasi Kabupaten, jumlah item obat esensial dan generic yang tersedia mencukupi kebutuhan. Khusus obat pelayanan kesehatan dasar tingkat ketersediaannya mencapai 133,4% dari 21 jenis obat, data tahun 2008. Sedangkan pada tahun 2009 jumlah obat yang tersedia mencukupi.

Sedangkan untuk obat narkotika dan psikotropika dari 12 Puskesma ketersediaanya mencapai 100% tercukupi dan dapat digunakan dalam pelayanan pengobatan di Puskesmas.

b. Penggunaan Obat Rasional

Untuk mengukur efektifitas dan efisiensi dalam penggunaan obat, digunakan indicator Penulisan Resep Obat Generik. Rata-rata penulisan resep obat generic pada tahun 2009 mencapai 41,10% baik di Puskesmas dan Rumah Sakit. Penulisan obat generic relatif tinggi di Puskesmas yaitu rata-rata minimal mencapai 85%. Kebijakan penggunaan obat generic di Puskesmas menjadi salah satu factor yang mempengaruhi tingginya pencapaian penulisan resep obat generic di Puskesmas.

Sedangkan penulisan resep obat generic di sarana pelayanan Rumah Sakit pada tahun 2009 tertinggi dicapai oleh RSUD Sukoharjo (95,52%), RSOP Dr.Soeharso (70,69%) dan terendah RS Dr.Oen Solo Baru (8,63%).


Gallery Foto
Copyright © 2017 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.