Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Shoutbox
Program Peningkatan Kesehatan Keluraga dan Gizi Masyarakat

Program Peningkatan Kesehatan Keluraga dan Gizi Masyarakat

Tujuan program : 

Tujuan program ini adalah meningkatkan mutu dan pemerataan kualitas pelayanan keluarga dan status gizi masyarakat dalam rangka meningkatkan kemandirian, intelektualitas, dan produktivitas sumber daya manusia
 
Sasaran program :
 
- Meningkatkan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, cakupan penanganan komplikasi kasus kebidanan, cakupan pembinaan kesehatan anak balita dan usia pra sekolah, cakupan pelayanan ante – post – neonatal
- Meningkatkan pelayanan kesehatan remaja diluar sekolah dan pelayanan kesehatan usia lanjut
- Menurunnya prevalensi bayi lahir berat badan rendah, gizi kurang pada balita, prevalensi gangguan akibat yodium pada anak, anemia besi dan kurang energy kronis (KEK) pada ibu hamil
- Terbebasnya masyarakat dari kekurangan Vitamin A
- Meningkatnya presentase rumah tangga yang menggunakan garam yodium, pemberian ASI eksklusif dan makanan pendamping ASI
 

A.        Keadaan Gizi

Status Gizi Balita

Perkembangan keadaan gizi masyarakat terutama balita difokuskan pada tingkat kecukupan gizinya yang diukur melalui berat badan terhadap umur ( BB/U ) atau berat badan terhadap tinggi badan ( BB/TB ). Keadaan ini terpantau melalui kegiatan Posyandu yang dilaksanakan di 1.178 Posyandu di 167 desa.

Tahun 2014 dilaporkan ada sebanyak 60.621 anak Balita. 49.736 anak  (82,04 %) ditimbang di Posyandu dan hasilnya 325 anak ( 0,65 % )  Bawah Garis Merah ( BGM ).

Dari 12 wilayah kerja Puskesmas, tidak terdapat wilayah kerja Puskesmas dengan katagori rawan gizi. Balita Gizi Buruk pada tahun 2014 dilaporkan ada sebanyak 10 anak dibanding tahun 2013 ada 12 anak gizi buruk ada penurunan  jumlahnya semuanya mendapatkan intervensi penanganan. Jumlah kasus terbanyak di wilayah Kecamatan Bulu dan Kartasura masing-masing 2 anak.


Gallery Foto
Copyright © 2017 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.