Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Berita

Gerakan Masyarakat ASI Eksklusif

Kategori: Berita, ditulis oleh Adminsitrator Website
Monday, 29 April 2013 12:50

KAMPAYE KESEHATAN

GEMAS ASIEK

(Gerakan Masyarakat ASI Eksklusif)

DINAS KESEHATAN KAB. SUKOHARJO

 

Jumlah penduduk Kabupaten Sukoharjo tahun 2011, berjumlah 851.157 jiwa. 429.381 adalah perempuan dimana 242.395 diantaranya berkeluarga. Dari jumlah tersebut 237.844 jiwa adalah wanita usia subur. ( KPPKB Sukoharjo)

Dari jumlah WUS yang besar tersebut adalah wanita yang mempunyai bayi + balita. dari jumlah yang ada hanya 32 % saja Balita  yang berkesempatan memperoleh ASI eksklusif dari ibunya.

Untuk meningkatkan cakupan ASI Eklsklusif tersebut, maka Dinas Kesehatan mempromosikan ASI Eksklusif dan membuat gerakan untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama kembali kepada ASI Ekslusif.

Masyarakat harus disadarkan kembali betapa pentingnya ASI bagi generasi yang akan datang. Bukan hanya Ibu, bahkan Bapak-bapak, remaja sangat penting untuk dipahamkan betapa penting dan manfaat ASI bagi Balita.

Karena kegagalan pemberian ASI bukan hanya karena Ibu saja, dukungan suami dan keluarga yang kurang membuat seorang ibu gagal memberikan ASI Eksklusif. Selain itu Iklan susu formula kadang-kadang membuat ibu berfikir bahwa memberikan susu formula lebih baik di banding dengan ASI. Padahal sebaik dan semahal apapun susu formula tidak akan pernah bisa mengimbangi, apalagi mengungguli kandungan dan manfaat ASI bagi nutrisi Bayi dan Balita.

Berbagai alasan maka sangat diperlukan suatu “Gerakan Masyarakat ASI Eksklusif” yang disingkat GEMAS ASIEK.

Dengan tujuan:

  • menjamin pemenuhan hak bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif sejak dilahirkan sampai dengan berusia 6 (enam) bulan
  • memberikan perlindungan kepada ibu untuk dapat memenuhi kewajiban memberikan ASI eksklusif kepada bayinya; dan
  • meningkatkan peran dan dukungan keluarga, masyarakat, pemerintah daerah, dan Pemerintah dalam pemberian ASI eksklusif.

.Dalam sambutannya Kepala DKK Sukoharjo dr.Guntur Subyantoro,Msi menyampaikan GEMAS ASIEK (Gerakan Masyarakat ASI Eksklusif) merupakan kampanye dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pembeurian ASI Eksklusif. Diharapkan dengan Gemas Asiek akan meningkatkan cakupan ASI Eksklusif di Kabupaten Sukoharjo.

Rendahnya cakupan ASI Eksklusif dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat ASI untuk Bayi, menjadi latar belakang DKK Sukoharjo melaksanakan Gemas Asiek dengan gerakan ini di harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memberikan ASI Eksklusif ke pada bayinya masing-masing.

Ketua TP PKK Kabupaten Sukoharjo Hj.Etty Wardoyo Wijaya, menambahkan, pemberian ASI Eksklusif untuk Bayi memberikan manfaat serta keuntungan lebih dibandingkan pemberian susu formula. Keuntungan serta manfaat pemberian ASI Eksklusif mencakup segi ekonomis sekaligus kesehatan bayi. Pemberian ASI Eksklusif di antaranya dapat memberikan kandungan gizi yang sempurna untuk bayi karena mudah dicerna dan mudah diserap, serta mengandung zat kekebalan tubuh yang dapat melindungi infeksi. ASI merupakan makanan terbaik untuk tumbuh kembang bayi, oleh karena itu diharapkan semua ibu muda mau menyusui bayinya.

Banyak sekali keuntungan yang didapat dari pemberian ASI untuk bayi. Ketua TP PKK Hj Etty Wardoyo Wijaya menghimbau kepada semua ibu-ibu muda agar mau menyusui bayinya demi kebaikan dan masa depan si buah hati tercinta. Pada kegiatan jumlah peserta 350 orang terdiri dari unsur :

Ibu hamil, Ibu Menyusui, TP.PKK, Lintas Sektor Terkait, Lintas Program Terkait, Ormas / LSM, Organisasi profesi, Pimpinan Perusahaan dan RS Negri dan Swasta

(PROMKES DKK SUKOHARJO)

Berita Lainnya

Berita, Wednesday, 14 February 2018 13:20
Berita, Friday, 31 March 2017 15:27
Berita, Thursday, 17 May 2018 13:42
Gallery Foto
Copyright © 2017 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.