Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Berita

RAPAT KOORDINASI JAJARAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN SUKOHARJO DALAM RANGKA PENYUSUNAN PERENCANAAN KEGIATAN TAHUN ANGGARAN 2018

Kategori: Berita, ditulis oleh Adminsitrator Website
Thursday, 26 January 2017 13:50

Dalam upaya meningkatkan percepatan pencapaian target sasaran yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016-2021 dan Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016-2021 serta untuk menjaga kesinambungan penyelanggaraan program pembangunan kesehatan maka diperlukan perencanaan pembangunan yang sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan melibatkan kerjasama serta komitmen dari seluruh stakeholders, masyarakat termasuk swasta.

 Pada hari Rabu, 18 Januari 2017 bertempat di Ruang Prambanan Hotel Indah Palace, Jalan Veteran No.284 Surakarta, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo telah melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Perencanaan Kegiatan Tahun Anggaran 2018. Rakor ini dilakukan sebagai upaya sinkronisasi dan sinergisme perencanaan program/kegiatan yang akan dituangkan dalam RUK (Rencana Usulan Kegiatan) Puskesmas dan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah

Rapat ini diikuti oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Seluruh Kepala Bidang , Kepala Seksi/Kasubbag di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Pejabat Struktural  Gudang Farmasi Kesehatan, Pejabat Struktural  Laboratorium Kesehatan Daerah, Kepala Puskesmas dan Kepala TU Puskesmas Se-Kabupaten Sukoharjo serta Penanggung Jawab Program di masing-masing Puskesmas.

Dalam rapat ini Sekretaris Dinas dan masing-masing Kepala Bidang menyampaikan Evaluasi Program/Kegiatan Tahun 2016, Informasi Kegiatan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2017 dan Kebijakan Kegiatan Tahun Anggaran 2018.

Dengan pengarahan dari Dr. Nasruddin, M.Kes selaku kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo maka rencana tindaklanjut dan kesepakatan yang diambil dalam  Rapat koordinasi   tersebut adalah ;

  1. Berdasarkan evaluasi Program/Kegiatan Tahun 2016 maka Puskesmas dengan secara terpadu akan  segera membuat prioritas kegiatan Tahun 2018.
  2. Orientasi dalam penyusunan kegiatan,  yang  menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo bukanlah  besarnya anggaran, namun akan lebih  berorientasi kepada manfaat dari kegiatan tersebut dalam penyelesaian masalah dibidang kesehatan.
  3. Dari beberapa kasus  kematian ibu di Kabupaten Sukoharjo penyebab yang  perlu menjadi perhatian adalah akibat perdarahan sebanyak 3 kasus dan preeklamsi 3 kasus, karena seharusnya kasus tersebut bisa “dinolkan”.   Sehingga pada Tahun 2018 kegiatan pembinaan, monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan penanganan ibu hamil akan lebih  diprioritaskan.
  4. Sesuai ketentuan  bahwa setiap kecamatan minimal 1 (satu) Puskesmas harus terakreditasi mengingat di Kabupaten Sukoharjo bahwa setiap Kecamatan hanya ada 1 (satu) Puskesmas maka artinya di Kabupaten Sukoharjo semua Puskesmas harus terakreditasi. Sehingga jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo akan memprioritaskan  kegiatan yang mendukung Akreditasi.
  5. Dampak retribusi pelayanan kesehatan di Puskesmas gratis pasien maka ada kecenderungan pasien mendaftarakan sebagai pasien umum walaupun pasien tersebut sebetulnya adalan peserta JKN, hal ini mengakibatkan angka kontak peserta JKN di Puskesmas menjadi rendah, mengingat hal tersebut maka perlu dibuat langkah-langkah penyempurnaan sistem untuk mengatasi masalah tersebut.
  6. Penyusunan Rencana Kegiatan (RUK) oleh Puskesmas bersama eselon IV Dinas Kesehatan dan pelaksanaan Desk akan dilaksanakan pada tanggal 19  Januari  sd 7  Februari  2017.
  7. Sebagai langkah awal penyusunan rencana usulan kegiatan (RUK) Tahun 2018 maka Puskesmas akan menyelenggarakan mini lokakarya mulai tanggal 19 sd 31 Januari 2017.
  8. Selanjutnya  RUK yang sudah di desk  Kasi/kasubag akan  direkap oleh Kasi/Kasubag untuk dimasukan dalam Renja OPD, dan selanjutnya Renja tersebut akan  dikumpulkan ke Subbag Perencanaan paling lambat pada tanggal 10 Februari 2017 sebagai bahan forum OPD yang diselenggarakan akhir Februari 2017.
  9. Dalam rangka untuk lebih meningkatkan  peran serta masyarakat dan lintas sektor maka Puskesmas akan  berperan aktif dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan yang  akan diselenggarakan  tanggal 1 sd 7 Februari 2017.

Berita Lainnya

Gallery Foto
Copyright © 2017 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.