Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Shoutbox
Artikel

Sosialisasi Program Jamkesmas, Jampersal, dan Jamkesda Kabupaten Sukoharjo th 2013

Kategori: Artikel, ditulis oleh Adminsitrator Website
Thursday, 22 August 2013 14:32
  1. Jamkesmas
  1. Tujuan
  1. meningkatnya akses dan mutu yankes seluruh maskin
  2. terselenggaranya yankes sesuai standar
  3. maskin sehat dan produktif (pengentasan kemiskinan)
  1. Prinsip Jamkesmas
    1. Nasional                   : berlaku diseluruh Indonesia (subsidi antara daerah dan antar individu)
    2. Portabilitas             : Yankes lintas batas wilayah
    3. Ekuitas                      : Kesetaraan mendapat yankes
    4. Nirlaba                      : Dana semata-mata untuk yankes
    5. Manfaat                   : Komprehensif sesuai kebutuhan medis, yankes terstruktur
  2. Tatalaksana Pelayanan Kesehatan

Ketentuan Umum

  1. Setiap peserta berhak mendapatkan :
    1. Pelayanan kesehatan Rawat Jalan dan rawat Inap Tingkat Pertama.
    2. Pelayanan rawat Jalan dan rawat Inap tingkat lanjutan kelas III.
    3. Pelayanan Gawat Darurat.
  1. Menerapkan pelayanan terstruktur dan pelayanan berjenjang berdasarkan rujukan.
  2. Fasilitas kesehatan lanjutan penerima rujukan wajib merujuk kembali peserta Jamkesmas disertai jawaban dan tindak lanjut yang harus dilakukan jika secara medis peserta sudah dapat dilayani di fasilitas kesehatan yang merujuk.
  1. Bagi pengguna Jaminan Persalinan manfaat yang diberikan meliputi pemeriksaan kehamilan, persalinan, pelayanan nifas dan BBL serta KB Pasca Persalinan (Juknis Jampersal).
  2. Bagi penderita Thalasemia mayor manfaat pelayanan sesuai standar terapi thalasemia (Juknis Thalasemia).
  3. Bagi korban bencana pasca tanggap darurat tatalaksana pelayanan program jamkesmas (Sesuai Juknis).
  1. Prosedur Pelayanan
  1. Status Kepesertaan harus ditetapkan sejak awal untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, peserta Jamkesmas tidak boleh dikenakan urun biaya dengan alasan apapun.
  2. Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskesmas dan Jaringannya :
    1. RJ            : FC Kartu Jamkesmas,  FC Data Kepesertaan ( Peserta masuk data jamkesmas tapi tdk punya kartu )
    2. RI            : FC Kartu Jamkesmas, FC KK,KTP  ( Tidak harus dilegalisir)
    3. RS           : Surat Rujukan, FC KK, KTP

Menunjukkan kartu Jamkesmas  yang akan diverifikasi kebenarannya, selanjutnya diterbitkan Surat Keabsahan Peserta (SKP) oleh PT Askes.

  1. Bagi Bayi dan anak yang lahir dari kedua ortu atau salah satu ortunya peserta jamkesmas cukup dengan menunjukkan kartu peserta jamkesmas ortunya dengan melampirkan akte kelahiran/Surat kenal lahir/Surat keterangan lahir/Pernyataan dari tenaga kesehatan.
  2. Untuk kasus Kronis yang memerlukan perawatan berkelanjutan dalam waktu lama seperti : DM,gagal ginjal dll Surat rujukan berlaku 1 bulan :

Untuk kasus kronis lainnya seperti kasus gangguan jiwa,kusta,kasus paru dengan komplikasi,kanker, surat rujukan dapat berlaku selama 3 bulan pemberian waktu surat rujukan (1 dan 3 bln didasarkan pada pola pemberian obat)

  1. Dalam keadaan gawat darurat meliputi :
    1. Pelayanan harus segera diberikan tanpa diperlukan surat rujukan.
    2. Bila pada saat penanganan kegawatdaruratan tersebut peserta belum dilengkapi dengan identitas kepesertaannya mak diberi waktu 2 x 24 jam hari kerja untuk melengkapi identitas tersebut.
  2. Dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada peserta Jamkesmas dan penerima manfaat Jampersal tidak boleh dikenakan urun biaya oleh fasilitas kesehatan dengan alasan apapun
  1. Jenis pelayanan kesehatan yg dibatasi dan tidak dijamin
  1.  Yang di batasi
  1. Kaca mata, alat bantu dengar, alat bantu gerak (tongkat peyangga, kursi roda dan korset)
  2. Pelayanan diagnostik canggih
  1. Yang tidak dijamin
  1. Tidak sesuai prosedur dan aturan
  2. Bahan, alat dan tindakan yg bertujuan kosmetika
  3. General chek up
  4. Protesi gigi palsu
  5. Pengobatan alternatif
  6. Rangkaian pemeriksaan, pengobatan dalam upaya mendapatkan keturunan, termasuk bayi tabung dan pengobatan impotensi
  7. Pelayanan kesehatan pada saat bencana alam dan bakti sosial
  1. Kepesertaan
  1. Peserta kuota jamkesmas th 2013 tetap sebesar 76,4 jt
  1. Sukoharjo 305.952 jiwa
  2. Data jamkesmas dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yg bersumber dari hasil pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) th 2011 yg dilaksanakan oleh BPS.
  3. Data by name by address
  4. Distribusi kartu sejak tgl 26 Des 2012
  5. Kartu lama berlaku hanya s/d 28 Peb 2013
  6. Kartu baru berlaku sejak Januari 2013
  7. Peserta yang tidak mendapatkan kartu menggunakan FC data peserta Jamkesmas(Buku data Jamkesmas tahun 2012) ada di tiap desa.
  1. Peserta kuota non kartu
    1. Anak gelandangan,pengemis, anak dan orang terlantar yang tdk punya identitas,penghuni panti sosial cukup dgn surat rekomendasi dari Dinas Sosial.
    2. Penghuni LP dan Rutan cukup dg surat rekomendasi dari kepala LP/Rutan
    3. Maskin korban bencana pasca tanggap darurat berdasarkan keputusan yang ditetapkan oleh Bupati.
    4. BBL dari kedua orang tua atau salah satu ortunya peserta jamkesmas cukup menunjukkan kartu peserta jamkesmas ortunya dg melampirkan akte kelahiran/surat kenal lahir/surat ket lahir/pernyataan dari tenaga kesehatan.
    5. Penderita KIPI yg bukan peserta jamkesmas dpt memperoleh pelayanan kesehatan dg menunjukkan kartu identitas (KTP,KK dll)
    6. Pelayanan
  1. Pelayanan dasar di pusk dan jaringanya
  2. Persalinan di pusk, PKD (bidan desa), BPM/RB PKS dg jampersal
  3. Pelayanan lanjutan/rujukan di RS (PKS dg DKK) (RSUD, Nirmalasuri, RS Islam, RSOP)
  1. Dana

Pasien Jamkesmas dan Jampersal tidak dikenakan iur biaya pelayan kesehatan

      

  1. Jampersal
  1. Sasaran

Seluruh ibu hamil yang belum mempunyai jaminan kesehatan, adapun yang dijamin adalah ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas (pasca melahirkan sampai 42 hari) BBL (0-28hr)

  1. Paket Manfaat
    1. Pemeriksaan kehamilan
    2. Persalinan normal
    3. Pelayanan nifas normal termasuk pelayanan KB pasca persalinan
    4. Pelayanan bayi baru lahir normal
    5. Pemeriksaan kehamilan dengan kehamilan risti
    6. Pelayanan pasca keguguran
    7. Persalinan pervaginam, nifas dan BBL dengan emergenci dasar
    8. Pelayanan kehamilan , persalinan, nifas dan KB pasca persalinan di PONEK (RS)
  2. Tempat pelayanan
  1. Puskesmas dan PKD
  2. BPM/RB yg PKS dengan Jampersal
  3. RS (RSUD, RS Nirmalasuri, & RS Islam)
  1. Persyaratan
  1. Di Puskesmas & BPS/RB - buku KIA, Partograf, identitas (KTP, SIM dll)
  2. Di RB - buku KIA, identitas, surat rujukan, partograf

 

  1. Jamkesda
  1. Dasar pelaksanaan Per Bup. No 1 th 2013
  2. Sasaran
    1. RTS Sk Bupati No 470/548/2012 (SKTM   tidak berlaku)
    2. Peserta atas kebijakan Pemerintah Daerah karena untuk pelayanan kesehatan lifesaving, yaitu berpenyakit katastrofis kronik (gagal ginjal,jantung bawaan).
    3. Diffabel (bila tdk masuk data RTS, Rekomendasi                DinSos).
    4. Kasus HIV/AIDS (bila blm masuk data RTS pengantar perkumpulan Sebaya).
  3. Pelayanan
  1. Di puskesmas dan jaringanya (gratis)

                                Rawat jalan dan rawat inap

  1. Di RSUD Sukoharjo (gratis)
  2. 9 RS PPK 3 ( Dana bantuan)
  1. RS dokter Moewardi Surakarta
  2. RS Jiwa Surakarta
  3. RSCM Jakarta
  4. RS Jantung Harapan Kita Jakarta
  5. RS Dr Karyadi Semarang
  6. RS Sardjito Jogjakarta
  7. RSOP Surakarta
  8. RS Islam Surakarta
  9. RS Jiwa Klaten
  1. Maksimal bantuan dana di PPK III
    1. Tanpa tindakan OP max 5 Jt
    2. Dengan tindakan OP max 10 jt
    3. Rawat inap hanya berhak di kelas III
    4. Rawat jalan terbatas hanya kasus gagal ginjal, kelainan darah, keganasan HIV/AIDS, gangguan tumbang dan penyakit degeneratif
  2. Persyaratan
    1. Di PUSKESMAS

                                                - KTP

                                                - SK Bupati th 2012 / Kartu Jamkesda

  1. RS

                                                - KTP

                                                - KK

                                                - SK Bupati / Kartu Jamkesda

                                                - Surat rujukan (kecuali kasus gawat darurat)

Tanpa Surat Pengantar Kalurahan / Desa

 

  • PERMASALAHAN YANG DITEMUI
  1. Masalah yang dihadapi :
    1. Kepemilikan Jaminan
      1. Punya kartu lama tidak dapat kartu baru.
      2. Maskin tidak punya kartu Jamkesmas dan tidak masuk Jamkesda.
      3. SKTM tidak berlaku.
    2. Masyarakat :
      1. Minta kartu Jamkesmas
      2. Memperpanjang kartu Jamkesmas
      3. Minta Jamkesda
      4. Tidak mau mengikuti prosedur pelayanan kesehatan. Alasan tidak tahu,mburu nyawa.
      5. Minta surat pengantar DKK u/ berobat ke RS agar bisa gratis.
      6. Memilih RS terlanjur krasan, begitu plg melihat biaya bingung minta diusulkan ke Bupati.
      7. Belum memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas karena alasan Puskesmas dokter dan obatnya beda.
      8. Tidak minta Jamkesda Sukoharjo tetapi Jamkesda Provinsi.
      9. Meminta surat pengantar dari DKK mau dibawa sendiri ke Menteri Kesehatan.
      10. Saat klaim biaya, minta segera dibayar / diganti uangnya.
      11. Marah / rewel bila diminta kelengkapan administrasi.
      12. Memisahkan KK orang tua agar bisa masuk data Jamkesmas.
    3. Petugas
      1. Belum semua petugas paham tentang Program Jamkesmas Jamkesda. Sering ditemukan memberi informasi yang tidak tepat pada keluarga pasien.
      2. Keliru pemahaman tentang Program jamkesda Provinsi.

 

 

Artikel Lainnya

Artikel, Friday, 09 December 2011 15:19
Artikel, Tuesday, 10 September 2013 14:56
Artikel, Friday, 09 December 2011 15:32
Komentar (total Komentar : 5)

mMn ,
Tanggal : Tuesday, 01 October 2013 14:15

apa program jamkesmas dan jampersalnya berjalan dengan lancar?

Jam Tangan ,
Tanggal : Friday, 29 November 2013 13:40

Thank pisan untuk infonya,sangat menarik untuk di simak.
http://jr2.co

Jam Tangan ,
Tanggal : Friday, 29 November 2013 13:40

Thank pisan untuk infonya,sangat menarik untuk di simak.
http://jr2.co

Dibiasa.In ,
Tanggal : Wednesday, 29 January 2014 13:39

Kalau setelah ada BPJS ini kelanjutannya gimana yah

sangi
Tanggal : Sunday, 02 February 2014 00:06

mungkin ini adalah sebuah program yg bagus dan sangat menarik :)
Cara Meningkatkan Penjualan Online | Cara Meningkatkan Penjualan Online

Beri Komentar

Click to reload image Silakan masukan Hasil kode diatas
   
Gallery Foto
Copyright © 2011 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.