Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Artikel

TANAMAN PENGUSIR NYAMUK

Kategori: Artikel, ditulis oleh Adminsitrator Website
Monday, 05 January 2015 16:11
  1. ZODIA

Tanaman asal Papua ini bernama latin Evodia suaveolens. Orang papua terbiasa menggosokkan daun zodia ke kulit untuk melindungi diri dari gigitan serangga. Keampuhan zodia dikarenakan kandungan zat evodiamine dan rutaecarpine. Kedua zat itu mengeluarkan bau tajam yang tidak disukai serangga. Minyak hasil sulingan zodia mengandung linalool yang dapat menghalau nyamuk sampai 6 jam lamanya.

Bau tajam akan keluar jika daun-daun bergosokkan. Untuk menghalau nyamuk, letakkan tanaman ini dalam ruangan dan tiupkan dengan kipas angin. Perlu diperhatikan bahwa ruangan sempit dan sirkulasi udara yang tak bagus bisa membuat orang pusing.

Zodia berkembang biak dengan biji. Tumbuh dengan baik pada ketinggian 400-1000 m dpl. Selain penghalau nyamuk, zodia berkhasiat juga sebagai obat tradisional. Air rebusan kulit batangnya bisa meredakan demam malaria.

  1. LAVENDER

Bunga kecil, berwarna ungu, dan mengeluarkan bau harum yang tidak disukai nyamuk. Lavender atau Lavandula angustifolia hidup di ketinggian 500-1300 m dpl. Makin tinggi tempat hidupnya, bunga lavender bisa menghasilkan minyak kualitas terbaik.

Minyak lavender mengandung linalool asetat yang berfungsi sebagai bahan penolak serangga (repellent dan antifeedant). Meski bau harumnya tidak disukai nyamuk, aroma wangi minyak lavender justru disukai manusia, sering dipakai sebagai aromaterapi.

  1. GERANIUM

Sejenis tanaman perdu yang mengeluarkan aroma khas, agak langu. Aroma yang berasal dari kandungan zat geraniol dan sitronelol pada geranium tidak disukai nyamuk. Meskipun sangatindah sebagai tanaman hias, nyamuk enggan mendekat.

Tanaman perdu setinggi 20-60 cm ini tumbuh merumpun. Banyak pula ditemukan tumbuh liar disekitar sawah. Selain dapat menghalau nyamuk, daun geranium juga bisa mengusir ngengat. Oleh karena itu daunnya sering disimpan dalam lemari.

  1. SUREN

Dalam pohon suren terdapat kandungan suren, surenin, dan surenolakton. Zat-zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan serangga dan mengusir serangga (zat repellant). Bau daun dan kulit batangnya pun cukup tajam. Pohon yang bisa mencapai  tinggi 20 m ini merupakan tanaman tahunan yang tumbuh cepat. Jika tumbuh di halaman, suren dapat pula berfungsi sebagai tanaman penyejuk.

  1. SERAI  WANGI

Obat semprot anti nyamuk sintetis bisa digantikan dengan ekstrak serai. Haluskan kurang lebih 1 kg serai dengan blender. Kemudian, campur dengan 250 ml air dan rendam semalaman. Setelah diencerkan lagi, air rendaman bisa dipakai untuk menyemprot. Serai wangi atau Cymbopogon nardus mengandung zat sitroneal yang bersifat racun kontak. Racun kontak menyebabkan tubuh nyamuk kekurangan cairan sampai akhirnya mati. Karena itu, serai wangi bisa dijadikan alternatif tanaman pengusir nyamuk.

Artikel Lainnya

Artikel, Wednesday, 09 April 2014 14:52
Artikel, Thursday, 09 October 2014 14:49
Artikel, Thursday, 04 December 2014 12:48
Gallery Foto
Copyright © 2017 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.