Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Misi

MISI

Dalam rangka mewujudkan Visi Dinas Kabupaten Sukoharjo tahun 2016 – 2021, telah ditetapkan 4 (empat ) Misi yaitu :

  1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan sebagai bagian dari upaya pembangunan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Salah satu tanggung jawab seluruh jajaran kesehatan adalah menjamin tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas, merata, terjangkau oleh setiap individu, keluarga dan masyarakat luas. Pelayanan kesehatan yang berkualitas, merata dan terjangkau dimaksud diselenggarakan bersama oleh pemerintah dan masyarakat, termasuk swasta.

Masyarakat mempunyai hak untuk memperoleh pelayanankesehatan paripurna dengan sebaik – baiknya tanpa membedakankesenjangan sosial ekonomi maupun geografis, untuk itupenyelenggaraan pelayanan kesehatan harus bermutu, merata,terjangkau, berkesinambungan dan berkeadilan, baik yangdiselenggarakan oleh pemerintah, masyarakat dan swasta.Pelayanan kesehatan baik dasar maupun rujukan yangbermutu, merata dan terjangkau, akan terpenuhi apabilaketersediaan obat dan perbekalan kesehatan juga bermutu, meratadan terjangkau.

  1. Membentuk tata kehidupan masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat dengan mengembangkan pemberdayaan masyarakat, menuju kemandirian

Pembangunan kesehatan harus diselenggarakan dengan menggalang kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha serta lembaga terkait, dengan mendayagunakan potensi yang dimiliki. Kemitraan diwujudkan dalam suatu jejaring agar diperoleh sinergisme yang mantap. Untuk itulah diperlukan adanya penggerakkan kemitraan dan peran serta masyarakat dalam  mewujudkan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat. Kesehatan adalah tanggung jawab bersama dari setiap individu, keluarga, masyarakat, pemerintah dan swasta. Apapun yang akan dilakukan pemerintah dalam pembangunan kesehatan, tidak akan ada artinya bila tidak disertai kesadaran setiap individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan dan menjaga kesehatannya masing-masing secara mandiri. Upaya pemerintah untuk terus memperluas cakupan pembangunan kesehatan dan meningkatkan kualitasnya harus disertai upaya mendorong kemandirian individu, keluarga dan masyarakat luas untuk hidup sehat.

  1. Meningkatkan pengendalian penyakit dengan upaya pencegahan penyakit menular dan tidak menular serta mewujudkan kualitas kesehatan lingkungan

Perluasan cakupan akses masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan terkait penyakit menular terutama di daerah-daerah yang berada di perbatasan untuk menjamin upaya memutus rantai penularan. Untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan penanggulangan penyakit menular, dibutuhkan strategi inovatif dengan memberikan otoritas pada petugas kesehatan masyarakat, terutama hak akses pengamatan faktor resiko dan penyakit serta penentuan langkah penganggulangannya.

Untuk penyakit tidak menular maka perlu melakukan deteksidini secara proaktif mengunjungi masyarakat karena tiga perempat penderita tidak tahu kalau dirinya menderita penyakit tidak menular. Disamping itu perlu mendorong kabupaten yang memliki kebijakan PHBS dalam upaya menanggulangi penyakit tidak menular.

Penyusunan regulasi daerah dapat menggerakkan sektor lain di daerah untuk berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan penyehatan lingkungan seperti peningkatan ketersediaan sanitasi dan air minum layak serta tatanan kawasan sehat serta wira usaha sanitasi Peningkatan peran puskesmas dalam pencapaian kecamatan atau kabupaten stop buang air besar sembarangan membutuhkan peran dan keterlibatan masyarakat.

  1. Mewujudkan kualitas  sumber daya kesehatan yang profesional

Semakin ketatnya persaingan global termasuk tenaga kesehatan, diperlukan tenaga kesehatan yang terampil dankompeten (cakap, berkuasa untuk menentukan/ memutuskansesuai kewenangan) sehingga mampu bersaing dengan tenaga kesehatan asing, baik yang akan bekerja di institusi pelayanan kesehatan dalam negeri maupun luar negeri, diperlukan upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia kesehatan melalui regulasi di bidang kesehatan dan pengembangan profesionalisme. Pendidikan dan pelatihan untuk sumber daya kesehatan di Dinas kesehatan Kabupaten cukup, jumlah peserta, pelatih,penyelenggara pelatihan dan tempat pelatihan (sarana, prasarana pelatihan).

 

 


Gallery Foto
Copyright © 2017 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.