Polling

Bagaimana Pendapat Anda mengenai kinerja DKK Sukoharjo?

Berita

Advokasi Dan Koordinasi Lintas Sektor Program Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo

Kategori: Berita, ditulis oleh Adminsitrator Website
Tuesday, 30 July 2019 11:51

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo menggelar kegiatan Advokasi dan Koordinasi Lintas Sektor Program Gizi pada tanggal 29 Juli 2019 di Aula Dwarawati Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Stunting menjadi fokus permasalahan yang dibahas pada kegiatan ini. Tujuannya adalah terwujudnya komitmen lintas sektor dalam penanggulangan masalah stunting secara komprehensif melalui kerjasama dengan lintas sektor dan lintas program terkait sehingga intervensi spesifik dan sensitif dapat dilakukan secara terpadu.

Stunting sangat berkaitan dengan perilaku masyarakat dan pola asuh, stunting artinya ada gangguan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan otak pada anak. Stunting dapat terjadi dalam 1000 hari pertama kehidupan dan dipengaruhi banyak faktor, di antaranya sosial ekonomi, asupan makanan, infeksi, status gizi ibu, penyakit menular, kekurangan mikronutrien, dan lingkungan.

Pertemuan dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Bp. Hari Wiyono, SKM., M.Kes dan dihadiri oleh peserta dari OPD terkait yaitu Bappelbangda, TP PKK Kabupaten, Dinas Sosial, Dinas Pangan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, BPS, DPPKBP3A, Tenaga Ahli P3M, DPMD, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta lintas program terkait yaitu Promkes, Penyehatan Lingkungan, Pembiayaan dan Akreditasi, Surveilans dan Imunisasi, PTM.  Pertemuan juga diikuti oleh 12 Kepala Puskesmas se Kab. Sukoharjo.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Tri Tuti Rahayu, SKM.,M.Kes menyampaikan materi Konvergensi Program Percepatan Pencegahan Stunting serta Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Bambang Sudiyono, SKM.,MM memaparkan materi STBM Sebagai Strategi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Stunting.

Masing-masing OPD dan lintas program terlibat aktif dalam diskusi dan menyampaikan intervensi yang bisa dilakukan dalam pencegahan stunting. Peserta berkomitmen untuk memastikan rencana program / kegiatan intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif yang telah disepakati dimuat dalam RKPD/Renja OPD sesuai alokasi anggaran masing-masing OPD guna mendukung program pencegahan stunting secara terpadu.

Berita Lainnya

Berita, Monday, 29 April 2013 12:50
Berita, Friday, 12 October 2018 15:06
Berita, Wednesday, 22 August 2018 15:12
Gallery Foto
Copyright © 2017 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.