Kepala Dinas

dr. YUNIA WAHDIYATI

"Taking care of your mental of physical health is just as important as any career move or responsibility"

Mireille Guiliano
Berita

Mengkawal Status Istithaah Calon Jemaah Haji Kab. Sukoharjo Masa Keberangkatan Tahun 1440 H/2019 M

Kategori: Berita, ditulis oleh Adminsitrator Website
Wednesday, 18 September 2019 10:21

Untuk menuju dan mempertahankan status isthithaah kesehatan calon jemaah haji, Dinas Kesehatan Kab. Sukoharjo telah melaksanakan pemeriksaan dan pembinaan haji sekitar 750 calon haji  yang akan berangkat pada tahun 1440 H namun demikian pengaruh mutasi dll yang berangkat 733 calon jemaah haji. Pada pemeriksaaan kesehatan telah diketahui bahwa 56% jemaah mempunyai risiko tinggi penyakit.

Status risiko tinggi penyakit tersebut kalau dirinci terdiri dari : usia ≥ 60 th dengan penyakit 8%, usia   < 60 th dengan penyakit 35%, usia ≥ 60 th 13% dan sisanya 44% sehat,

Memperhatikan status kesehatan diatas diperlukan pembinaan kesehatan calon jemaah haji tersebut, untuk mengurangi risiko penyakit dalam menuju istithaah kesehatan haji atau mempertahankannya.

Dengan demikian telah dilakukan sosialisasi mengenai cara menjaga atau meningkatkan status kesehatan baik di tanah air maupun di Arab Saudi  dilaksanakan di 5 IPHI yaitu :

Gedung IPHI Sukoharjo meliputi calon jemaah haji dari Kecamatan Sukoharjo, Kec. Nguter dan Kec. Bendosasi  tanggal 11 Maret 2019

 

Gedung IPHI Mojolaban meliputi calon jemaah haji dari Kecamatan Mojolaban dan Kec. Polokarto  tanggal 12 Maret 2019

 

Gedung IPHI Kartasura meliputi calon jemaah haji dari Kecamatan Kartasura dan Kec. Gatak  tanggal 13 Maret 2019

 

Gedung IPHI Weru meliputi calon jemaah haji dari Kecamatan Weru, Tawangsari dan Kec. Bulu tanggal 14 Maret 2019

 

Rumah Makan 3 M di Baki (Gedung IPHI sedang direhab) meliputi calon jemaah haji dari Kecamatan Grogol  dan Kec. Baki  tanggal 18 Maret 2019

 

Setelah selesai kegiatan tersebut tetap dimonitor tingkat kesehatan calon jemaah haji dengan penentuan istithaah yang dituangkan berita acara istithaah sebagai syarat pelunasan baik tahap I maupun tahap II.  Dibawah ini disampaikan gambaran Istithaah calon jemaah haji Kab. Sukoharjo Masa Keberangkatan 1440 H

Dari grafik 3 tersebut terdapat 27% istithaah dengan pendampingan baik orang, obat dan alat. Adapun yang pendampingan orang sebanyak 13 calon jemaah haji, pendampingan obat 147 calon jemaah haji dan pendampingan alat sebanyak 11 kursi roda.

Setelah pelunasan, calon jemaah haji diberikan vaksinasi wajib yaitu meningitis epidemika dan vaksinasi influenza untuk pencegahan influenza. Dibawah ini disampaikan vaksinasi tersebut dibawah ini.

Seminggu sebelum keberangkatan, semua calon jemaah haji diberi berkas-berkas hasil pemeriksaan kesehatan dan KKJH ( Kartu Kesehatan Jemaah haji) berbarkot, terdapat status risiko tinggi  dikalungkan yang disebaliknya tercantum International Certifikat of Vaksin. Hal tersebut dimaksudkan selain menjadi ketentuan berlaku juga untuk mempermudah pemeriksaan tahap III.

Pada waktu pemberangkatan kloter 1 SOC, 2 SOC dan 3 SOC oleh Bapak Bupati Sukoharjo di Kantor Pemkab Sukoharjo, calon Jemaah haji tersebut didampingi tim penyelenggara kesehatan haji Kab. Sukoharjo beserta tim PSC 119 DKK Sukoharjo sampai ke embarkasi haji Donohudan dan masuk Pemeriksaan   kesehatan ke 3  guna ikut membantu lancarnya pemeriksaan kelengkapan berkas yang sering tidak lengkap karena lupa, ketinggalan dsb.

 

Setelah 44 hari kemudian kloter 1, 2 dan 3 SOC pulang dan Tim Penyelenggara kesehatan haji Sukoharjo beserta PSC 119 DKK Sukoharjo menjemput di Debarkasi Donohudan. Terdapat 4 jemaah yang memperlukan ambulans dan dirawat di Poliklinik Asrama haji yang selanjutnya 3 jemaah haji dirujuk ke RSDM, sedangkan  1 jemaah haji diperbolehkan pulang dan dijemput keluarganya.

Berita Lainnya

Berita, Thursday, 18 July 2019 08:33
Berita, Friday, 25 May 2018 14:53
Berita, Wednesday, 09 October 2019 08:53
Komentar (total Komentar : 0)
Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberi komentar

Beri Komentar

Click to reload image Silakan masukan Hasil kode diatas
   
Gallery Foto
Copyright © 2019 All Right Reserved, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.